Jadi Ahli Bahasa dengan Kamus Lengkap di Linux

Kali ini saya ingin memerinci tentang aplikasi kamus di Linux, apapun distronya. Ada tiga program yang pernah saya coba, antara lain Stardict, Goldendict dan QStardict. Dua yang terakhir merupakan cabang atau berbasis pada Stardict. Goldendict sudah saya bahas pada tulisan #30.

Stardict

Stardict ini bisa dijalankan di lintas platform, baik MacOS X, Linux maupun Windows. Sudah lama saya tidak menggunakan StarDict, jadi, tidak begitu ingat bagaimana memanfaatkannya. Silakan merujuk pada situs resminya. http://www.stardict.org/ dan https://code.google.com/p/stardict-3/. Kebanyakan distro Linux sudah menyertakannya di repositori. Cukup cari stardict di pusat peranti lunak masing-masing ditro dan install dari sana.

stardict di windows
StarDict di Windows

stardict di ubuntu 8.04
Jendela awal Stardict
stardict di opensuse
Stardict di OpenSUSE

Goldendict

goldendict banyak kamus
Goldendict yang berisi banyak kamus

Goldendict merupakan turunan atau cabang dari Stardict. Program ini berbasis Qt. Ada beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Stardict. Salah satunya adalah pengelompokan kamus berdasarkan kategori tersuai. Kita bisa membuat pengelompokan itu sesuai keinginan kita.

pengelompokan kamus goldendict
Pengaturan kelompok kamus berdasarkan kriteria tertentu

Seperti yang terlihat di cuplikan layar di atas, ada pula fitur tab seperti pada peramban web. Goldendict memanfaatkan basis data kamus Stardict yang terletak di /usr/share/stardict/dic. Dan seperti gambar di bawah ini, ia juga bisa mencari lokasi kamus di sembarang folder.

letak direktori
Mengatur letak direktori kamus untuk Goldendict

Untuk menyuarakan kata yang dicari, pengaturan di Goldendict agak rumit. Di Linux ada beberapa TTS yang bisa menyuarakan teks, antara lain espeak, mbrola dan festival. Goldendict bisa memanfaatkan apapun yang ada di sistem. Di sini saya menggunakan espeak, bisa dilihat di gambar berikut.

tts engine goldendict
Menambahkan Mesin TTS untuk Goldendict

Pastikan espeak dan data suara mbrola atau festvox sudah terinstall, cara memastikannya dengan menjalankan perintah di konsol:

espeak -v en "sample words"

Jika keluar suara, maka perintah ini bisa ditambahkan pada pengaturan dictionary Goldendict. Tekan F3 atau klik menu Edit-Dictionaries pada tab Sources pilih tab Program, pilih Add, dan selebihnya lihat cuplikan layar di atas. Di sistem saya, suara yang dihasilkan oleh Festival lebih natural dibandingkan dengan espeak, sayangnya, saat tulisan ini dibuat, saya belum berhasil menambahkan perintah untuk festival seperti pada gambar di atas, padahal di konsol keluar bunyi saat perintah itu dijalankan.

QStardict

qstardict banyak kamus
Cuplikan Layar Qstardict dengan banyak kamus

QStardict memanfaatkan “plugin” Stardict untuk akses basis data kamus. Pengaturannya ada di menu Settings-Configure QStardict, pada tab Dictionaries, centang plugin stardict dan klik pada tombol kunci pas di bawahnya, lalu tambahkan lokasi kamus dengan klik tombol (+), lihat gambar berikut.

Pengaturan kamus di QStardict
Pengaturan kamus di QStardict

Pengucapan teks di QStardict bisa menggunakan festival dengan mudah. Pada pengaturan, di tab Global Settings, isikan kotak dengan festival --tts, seperti gambar di bawah ini.

Pengaturan pengucapan teks QStardict
Pengaturan pengucapan teks QStardict

Referensi

Berikut ini adalah daftar referensi yang berhubungan dengan pengaturan atau problem solving tentang Stardict, Goldendict, atau QStardict. Jika ingin membuat basis data kamus sendiri, mengaculah pada tautan 1 dan 7. Unduh basis data kamus, kunjungi tautan 4 dan 6. Pada gambar-gambar di atas, tampak saya menggunakan basis data gKamus dan i-Dic, mungkin belum ada yang berbagi di internet. Saya pun tidak tahu bagaimana lisensinya, jadi saya tidak berani membagikannya. Basis data gKamus dan i-Dic tidak dalam format kamus Stardict, tetapi saya ikuti petunjuk pembuatan kamus stardict sendiri dan menjadikannya format stardict.

  1. http://jalasthana.de/?p=828
  2. http://www.huzheng.org/
  3. http://talk.maemo.org/showthread.php?p=1315608
  4. https://sites.google.com/site/gtonguedict/home/stardict-dictionaries
  5. http://dicts.info/
  6. http://abloz.com/huzheng/stardict-dic/
  7. http://chandrapzm.wordpress.com/2009/07/29/membuat-sendiri-database-kamus-untuk-stardict-di-ubuntu/
  8. http://goldendict.org/forum/viewtopic.php?f=4&t=1228
Advertisements

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

6 thoughts on “Jadi Ahli Bahasa dengan Kamus Lengkap di Linux”

Share your idea here (markdown enabled)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s