Kalender Hijriyah dan jadwal waktu sholat sehari

Tulisan ini dipindahkan dari tulisan di blog saya yang lain.

Your Portfolio Archive currently has no entries. You can start creating them on your dashboard.

Sudah banyak widget-widget kalender hijriyah dan jadwal waktu sholat untuk situs web yang dibagikan oleh orang lain di internet. Namun kali ini saya memilih untuk membuatnya sendiri. Bukan karena tidak menghargai mereka yang sudah mendahului, tetapi karena saya ingin sekalian belajar dan mengembangkan kemampuan PHP dan juga menambah keanekaragaman karya semacam ini. Maksud saya adalah karya yang berhubungan dengan Islam. Semoga bisa menjadi salah satu syi’ar Islam.

Baiklah, saya akan membahas sedikit mengenai karya sederhana saya ini. Perlu diketahui bahwa skrip ini hanya menghasilkan output berupa gambar dengan memanfaatkan library PHP-GD. Perhitungan waktu sholatnya berasal dari PrayTimes.org yang menyediakan class PHP untuk menghitung waktu sholat. Saya menggunakan metode perhitungan Muslim World League (MWL) secara umum. Tapi untuk wilayah Amerika Utara, saya menerapkan metode perhitungan lokal sana, karena selisih waktu pada musim tertentu sangat banyak.

Metode untuk mengetahui waktu sekarang adalah dengan menggunakan API (Application Programming Interface) GEOIP dari IPInfoDB yang mendeteksi lokasi anda dari nomor IP anda. Jadi, bisa saja pengenalan kota kurang presisi. Tapi, waktu sholat yang ditampilkan insya Allah akurat karena output data garis lintang dan bujur yang dikeluarkan oleh IPInfoDB tepat sesuai kota yang ditampilkan. Dan selain itu, karena IPInfoDB tidak menyediakan output data timezone yang saya gunakan untuk menge-set waktu di skrip, saya juga menggunakan API Timezone dari Google Maps.

Silakan saja bagi yang ingin menggunakannya untuk misalnya dijadikan widget gambar di blog WordPress.com. Pada pengaturan widget, sisipkan gambar pada sidebar atau tempat mana saja yang anda inginkan. Lalu pada bidang URL, salin URL dari gambar di bawah ini. Tiga bidang di bawahnya lebih bagus jika diisi. Dan jangan lupa klik Simpan.

Skrip ini masih dalam tahap awal atau purwa rupa. Selanjutnya saya ingin memanfaatkan jQuery agar lebih fleksibel dan menyesuaikan selera anda yang berminat menyertakan widget jadwal waktu sholat di blog atau situs. Contohnya seperti pada situs Habib.info ini: http://www.al-habib.info/islamic-widget/prayer-times.htm.

kalender hijriyah dan jadwal waktu sholat
Contoh saat dilihat tanggal 29 Rajab
kalender hijriyah dan jadwal waktu sholat
Kalau yang ini waktu real time saat ini. Beda dari yang di atas kan?

Perhatian: Tempat hosting skrip PHP tersebut adalah hosting gratis, jadi, sewaktu-waktu file gambar bisa hilang.

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

Share your idea here (markdown enabled)

