Aplikasi Android dengan Pustaka Qt Framework

Salah satu alasan saya mempelajari pemrograman dengan Qt Framework adalah karena dukungan multiplatform. Sesuai dengan mottonya: “Code less. Create more. Deploy everywhere“. Yang perlu ditekankan adalah deploy everywhere-nya. Walaupun tidak sama seperti Java, Qt masih punya peluang untuk running di Android. Ini dibantu oleh Ministro yang akan mengunduh library Qt untuk Android.

Saya belum menjelajah sampai jauh utuk mencari tahu seberapa potensialnya Qt dipakai untuk mengembangkan aplikasi Android. Tapi jika googling, pasti kita akan menemukan banyak sekali pembahasan mengenai ini. Sejauh ini bisa saya simpulkan bahwa untuk pengembangan aplikasi Android dengan Qt, banyak developer yang lebih memilih QML daripada Qt widget. Bahkan contoh program Ubuntu SDK untuk Ubuntu Touch juga ditulis dalam QML.

Terlepas dari itu, saya kira Java tetaplah yang paling pantas untuk pengembangan aplikasi Android. Google juga menyatakan bahwa kita memang berpeluang untuk menggunakan bahasa C++ tapi jangan karena kita lebih suka dengan C++. Kode natif memang lebih powerful untuk mengakses fitur hardware, tapi akses ke API Android tidak banyak. Oleh karena itu, ada yang menyatakan, jika kita hanya akan sekali saja membuat aplikasi untuk Android, memakai Qt tidak masalah. Tapi jika berencana untuk membuat banyak aplikasi, tentunya Java lebih diutamakan.

Nah, tulisan ini tidak saya maksudkan untuk membahas bagaimana membuat aplikasi Android dengan Qt framework, karena saya juga masih baru belajar. Saya hanya memberikan contoh nyata bahwa satu source code Qt bisa dikompilasi untuk berbagai platform, termasuk Android. Berikut ini cuplikan-cuplikan layar aplikasi Android pertama saya menggunakan library Qt.

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

One thought on “Aplikasi Android dengan Pustaka Qt Framework”

Share your idea here (markdown enabled)

