Menyimpan Tulisan di Internet dengan PrintFriendly PDF

Internet merupakan sumber bacaan yang sangat luas. Kita bisa mendapatkan topik apapun yang kita cari, selama ada yang menuliskannya. Dengan banyaknya tulisan tersebut, tentunya internet bisa menjadi sumber belajar yang ke sekian. Bagi saya, ianya merupakan sumber pertama, karena otodidak.

Kadang-kadang, kita menemukan tulisan yang bagus dan kita ingin menyimpannya. Cara yang termudah ialah dengan CTRL+S, menyimpan laman web sebagai HTML. Cara kedua mungkin menyalin tulisan tersebut ke program perkantoran seperti LibreOffice Writer atau MS Word.

Nah, sekarang ini, sudah banyak pula penyedia layanan pengubah laman web menjadi PDF. Dengan begitu, kita bisa menyimpan tulisan dalam format PDF, dengan mudah. Situs yang paling populer (versi saya) adalah PrintFriendly.com. Blog ini pun menggunakan jasa situs PrintFriendly untuk penyimpanan ke PDF. Anda bisa menemukannya pada ikon berbagi yang paling kanan, di bawah tulisan ini.

laman printfriendly.com
Laman Printfriendly.com

Sebagaimana tampak pada gambar di atas, kita bisa memasukkan tautan laman pada kotak URL, lalu klik Print Preview. Setelah sejenak, tinjau dahulu kerapiannya. Biasanya gambar tidak tertata dengan rapi. Tapi kita tidak bisa mengatur letaknya, hanya bisa menghapusnya. Setelah merasa cocok, klik salah satu dari Print atau PDF. Lalu, lanjutkan sesuai petunjuk yang ada.

simpan sebagai pdf
Pemrosesan menjadi PDF

Selain cara manual seperti di atas, PrintFriendly menyediakan kakas yang lebih memudahkan kita. Ada borkmarklet dan ekstensi untuk browser. Jadi, dengan salah satunya, saat kita sedang membuka laman yang ingin kita simpan, cukup mengklik tombol PrintFriendly. Maka secara otomatis akan memproses laman tersebut untuk dirapikan dan siap untuk dicetak.

kakas printfriendly
Instal ekstensi atau bookmarklet

Jika anda memilih ekstensi browser, klik tombol yang atas agar diarahkan ke unduhan ekstensi. Terlihat seperti gambar di atas. Dan kita juga bisa memilih ‘bookmarklet’, yaitu tombol yang bawah. Opsi yang kedua ini lebih simpel karena tidak perlu mengunduh ekstensi. Kita cukup men-drag-drop tombol itu ke bilah bookmark browser.

bookmarklet printfriendly
Bookmarklet Printfriendly di bilah bookmark
Advertisements

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

Share your idea here (markdown enabled)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s