Aplikasi HTML / Web App Nokia Asha Series

HTML sebenarnya bukan dimaksudkan untuk membuat aplikasi. Ia hanyalah skrip markup yang fungsinya adalah untuk menggambar tampilan dokumen, yang biasanya adalah laman web. Tetapi sejak HTML5 digulirkan, ia juga digunakan untuk membuat tampilan untuk aplikasi, baik laman web maupun mobile device. Sedangkan fungsinya sebagai aplikasi dilaksanakan oleh Javascript atau bahasa pemrograman lain di dalam tag canvas.

HTML merupakan yang pertama saya pelajari di dunia komputer. Karena bukan merupakan bahasa pemrograman, dan hanya ada tag-tag yang telah ditentukan, maka tidak terlalu sulit untuk mempelajarinya.

Karena mempunyai kepercayaan diri dengan HTML ini, akhir-akhir ini saya berhasil membuat aplikasi berdasarkan HTML5. Awalnya saya pikir aplikasi HTML5 hanya untuk smartphone. Tetapi ternyata ponsel S40 dan Asha dari Nokia pun mempunyai aplikasi seperti ini, yang disebut web app. Di Ovi store sudah banyak web app yang bisa diunduh, termasuk aplikasi Pandalon RSS yang mungkin anda gunakan untuk membaca tulisan ini. 🙂

Dengan resource hardware yang terbatas, tentunya fitur-fitur web app di ponsel S40 dan Asha tidak sekaya aplikasi HTML5 di smartphone. Lagipula, hanya library MWL (Mobile Web Library) yang bisa berjalan langsung pada device. Library Javascript third-party lainnya akan dijalankan di server cloud web app.

Xpress Web App Builder

Saya sempat mencicipi layanan pembuat aplikasi web app instan ini beberapa hari sebelum ditutup pada 27 Agustus kemarin. Hasilnya adalah aplikasi Pandalon RSS, yaitu feed reader untuk blog ini. Dan ngomong-ngomong jumlah unduhan lumayan banyak, walaupun menurun secara drastis. Mungkin karena isinya bahasa Indonesia, padahal yang mengunduh dari Indonesia bisa dihitung dengan jari. 😀

nokia xwab
Nokia Xpress Web App Builder

Nokia Asha Web App Tools

Sebagai ganti XWAB, Nokia sudah menyediakan perkakas untuk pembuatan web app, yakni Nokia Asha Web App Tools 3.0. IDE yang digunakan adalah Eclipse. Kakas ini menyediakan simulator untuk menjalankan aplikasi. Untuk mengetes aplikasi, ada beberapa pilihan, antara lain Run secara lokal dengan simulator; Run pada server cloud Nokia; deploy dengan short URL, dan deploy langsung pada device (dengan USB Launcher, tetapi saya belum berhasil).

nokia wde
Nokia WDE

Referensi: Panduan Dasar Membuat Aplikasi Nokia Series 40, Muhammad Iqbal. 2013, nice.or.id

Catatan akhir

Nokia sudah dibeli oleh Microsoft beberapa waktu lalu. Ini berimbas pada dihentikannya layanan dan dukungan untuk sejumlah produk Nokia. Contohnya Remote Device Access (RDA) untuk testing aplikasi pada server Nokia, dan Xpress Web App Builder (xpresswebapps.nokia.com) untuk membuat web app. Dan tidak menutup kemungkinan nantinya Nokia Store bakal diberhentikan pula. Siapa tahu.

Advertisements

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

2 thoughts on “Aplikasi HTML / Web App Nokia Asha Series”

Share your idea here (markdown enabled)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s