Aplikasi WinFF untuk Convert Video di Linux Ubuntu

Pada tulisan yang lampau, saya sudah menyinggung sedikit tentang convert video, yaitu mengubah format video dari format MP4 misalnya, menjadi 3GP, MPEG, MOV, FLV dsb. Format-format video itu ditangani oleh codec-nya masing-masing.

Di Linux, ada aplikasi yang menangani codec-codec multimedia, antara lain Avconv (ffmpeg) dan mencoder. Dan tulisan ini membahas cara mengonversi (transcode) file multimedia dengan Avconv menggunakan aplikasi GUI, yaitu WinFF. Saat ini dukungan codec Avconv sudah bisa dikatakan lengkap. Kita bisa mengonversi format video populer apapun menjadi yang kita mau. Dan ngomong-ngomong, WinFF ini tersedia untuk Windows juga.

Instal WinFF

Jika belum punya WinFF, instal dulu pada distro Linux kita. Pada Ubuntu misalnya, cukup cari di Software Center: winff, lalu instal. Pengguna KDE (Kubuntu) bisa memilih winff-qt, atau qwinff pada Ubuntu 12.04.

Pastikan pula libav-tools ikut terinstal, yang merupakan dependensi winff. Paket ini memuat sejumlah aplikasi yang dibutuhkan oleh WinFF.

Sedikit Konfigurasi

Pengaturan awal WinFF mungkin masih menggunakan executable ffmpeg. Maka kita perlu mengubahnya menjadi avconv. Pada menu Edit – Preferences, pada tab Linux, ganti atau isikan Path to ffmpeg or avconv executable: /usr/bin/avconv. Begitu pula dengan Path to ffplay or avplay executable, isikan /usr/bin/avplay. Jika bagian Terminal to run ffmpeg in: belum terisi, maka isikan /usr/bin/x-terminal-emulator.

winff config
Konfigurasi WinFF

Mengelola Preset

Untuk memudahkan pengguna, winff telah menyediakan preset buat mengonversi file multimedia. Preset ini adalah argumen-argumen perintah avconv. Kita bisa mengunduhnya dari laman project winff di google code.

Setelah mengunduh, masukkan preset tersebut ke winff dari menu File – Import preset. Pilih file preset tadi, yang berakhiran .wff.

preset winff
Preset WinFF

Mengonversi File Multimedia

Tambahkan file yang akan dikonversi dengan mengklik tombol Add, atau seret file dari file manager ke jendela WinFF. Setelah itu pilih preset untuk output yang diinginkan. Tentukan folder tempat hasil konversi. Dan kemudian klik tombol Convert pada toolbar. Jendela konsol terminal akan muncul. Tunggu sampai selesai, yaitu jika progres sudah berhenti dan muncul tulisan Press Enter to continue.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Catatan

Jika mengonversi file MKV, subtitel mungkin tidak ikut terkonversi. Maka, kita membutuhkan mkvtoolnix untuk mengekstrak subtitel dalam file mkv tersebut. Perintah untuk mengekstrak adalah mkvextract.

mkvextract tracks nama-file-input.mkv 2:nama-file-output.ssa

Angka 2: adalah ID dari track subtitle dalam file MKV. Kita bisa mengetahui ID dengan perintah mkvinfo. Sedangkan nama-file-output.ssa adalah nama file subtitle yang akan disimpan.

mkvinfo namafile.mkv

 

Info file MKV
Info file MKV
Advertisements

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

Share your idea here (markdown enabled)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s