Kdenlive: Membuat Tulisan Kredit di Akhir Video

Baiklah, inilah lanjutan dari tulisan lampau yang sudah mengenalkan sedikit tentang Kdenlive, editor video di Linux. Tulisan tentang Kdenlive ini menjelaskan sedikit bagaimana membuat credit di akhir video. Itu tuh, tulisan yang bergerak dari bawah ke atas, yang seperti di akhir film-film.

Biasanya, seperti pada film-film, credit menampilkan nama-nama pemeran dan pekerja di balik layar. Ada pula informasi lainnya, seperti lagu-lagu soundtrack, tahun rilis film, bahkan sponsor-sponsor.

Kita pun bisa membuat tulisan credit ini untuk proyek video kecil kita. Dengan Kdenlive pun ternyata kita bisa melakukannya. Tapi memang tidak ada cara pintas untuk membuatnya. Perlu ada sedikit usaha lebih untuk membuat tulisan credit.

Menambah Credit

Untuk membuat tulisan credit ini, tambahkan klip judul biasa. Pada menu Project, pilih Add title clip. Di bawah jendela sudah ada pilihan template “simple-scroll“. Kita bisa menggunakannya. Template ini mungkin tidak berukuran sesuai dengan ukuran piksel proyek, tapi tidak masalah. Templat ini sudah menyediakan titik Start dan End, jadi kita tinggal mengubah tulisan yang ada dan durasi klip (di panel sebelah kanan).

kdenlive credit title
Jendela pembuatan credit title

Membuat Sendiri

Jika tidak suka melihat dialog yang memperingatkan tentang ukuran klip yang tidak sesuai, kita bisa membuatnya sendiri dengan ukuran yang sesuai dengan proyek. Kita perlu mengatur sendiri titik Start dan End animasi credit, dan sebenarnya ini sangat mudah.

Sama seperti cara pertama, tambahkan klip judul biasa, tetapi kali ini tidak menggunakan templat scroll. Perhatikan gambar berikut. Klik untuk memperbesar.

  1. Toolbar
  2. Nilai koordinat obyek yang dipilih
  3. Durasi klip
  4. Perataan obyek terpilih secara cepat
  5. Kontrol untuk editing titik start dan end

Untuk menulis, pilih tombol teks pada toolbar, klik pada area klip. Klik pada Edit Start untuk menentukan titik awal animasi. Setelah tampil seperti gambar di atas, seret kotak dengan label Start ke atas. Sedangkan pada keadaan Edit End, seret kotak ke bawah. Sesuaikan posisinya sesuai kebutuhan. Lalu klik OK, dan bereksperimenlah.

Contoh Video:

Unduh contoh file proyek Kdenlive:
https://www.dropbox.com/s/7fvvbow8qyp86v8/credit.kdenlive?dl=1

Catatan: Kdenlive menggunakan library Qt/KDE, maka anda pengguna KDE tidak perlu cemas dengan performanya, walaupun kadang-kadang crash sih. Jika menggunakan selain KDE, tampilan GUI akan membaur dengan tema desktop. Sedangkan penggunaan resource mungkin akan bertambah karena ia me-load library KDE, yang lumayan memakan RAM.

Advertisements

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

Share your idea here (markdown enabled)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s