Instal MS Office 2010 di [K]Ubuntu dengan Wine

Kelihatannya orang-orang masih banyak yang mencari tutorial cara instal program windows di Linux. Lihat saja tulisan teratas blog ini, “Cara Instal Wine” setiap hari nongol di situ. Hal demikian wajar saja, mengingat basis pengguna Linux adalah pengguna Windows.

Beberapa hari yang lalu saya lihat ada pertanyaan di grup FB Ubuntu Indonesia bagaimana cara instal MS Office 2007/2010 yang benar. Setelah membaca pertanyaan tersebut, saya jadi penasaran kok kelihatannya sulit menginstal MS Offie dengan wine. Dan ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Pada tulisan yang dulu itu screenshot yang dipasang hanya jendela setup awal, tidak sampai selesai.

Nah kali ini saya bagikan rinciannya, berhubung sudah berhasil menginstalnya, pada akhirnya. Saya coba beberapa kali instal dengan konfigurasi wine standar, memang sampai selesai, tetapi program tidak berhasil run dengan mulus. Sampai saya instal Playonlinux segala pun, masih belum berhasil, malah instalasi dianggap gagal.


Berbekal googling, ketemu tulisan ini: https://www.liberiangeek.net/2012/06/how-to-install-microsoft-office-suite-2010-in-ubuntu-12-04-using-wine-1-5/. Memang agak beda, tetapi langkah-langkahnya kurang lebih sama lah. Tetapi itu tulisan yang sudah lama, jadi di sini ada penyesuaian. Terutama karena sekarang versi wine sudah 1.7, ada beberapa tambahan fitur yang seperti dijelaskan pada tulisan tersebut. Kita bisa skip.

1. Instal Wine
Sudah tentu kita harus punya Wine untuk instal program windows. Jika anda lebih suka Playonlinux, sebenarnya dia juga membutuhkan wine. Belum bisa instal wine? Baiklah, ikuti langkah berikut ini. Untuk Ubuntu 14.04 dan lebih lama, versi 1.7 ada di PPA resminya. Maka kita perlu menambahkan repository PPA wine terlebih dahulu. Buka Terminal (atau Konsole, XTerm, dsb. Bisa dengan CTRL+ALT+T), perintahkan:

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa

sudo apt-get update

sudo apt-get install wine1.7

2. Menambah Library Windows
Masih di Terminal, jalankan winecfg. Pada jendela yang muncul, pilih tab Libraries. Tambahkan librari-librari seperti yang ada pada gambar berikut ini.

Kemudian pilih yang sudah ditambahkan satu per satu, klik Edit. Lalu ubah ke Native (Windows). OK.

Beberapa libraries ini memang diperlukan. Tanpa mereka, bisa jadi program terinstal, tapi tidak bisa open atau save file.

3. Jalankan Setup
Cari file setup.exe MS Office-nya, klik kanan, open with wine…, atau cukup klik ganda. Kalau tidak ada masalah, akan muncul jendela instalasinya. Klik Customize untuk memilih modul-modul yang akan diinstal.

Untuk kasus saya, di tengah proses instalasi muncul pesan bahwa instalasi tidak dapat diselesaikan, tetapi program berfungsi secara normal.

Word Online

Sekarang Microsoft sudah menyediakan Office online berbasis cloud. Kita bisa menggunakannya secara gratis, asalkan punya akun Live. Entah pemakaiannya dibatasi atau tidak. Ini bisa menjadi alternatif jika kita tetap gagal instal MS oFfice dengan Wine. Office online bisa diakses di sini atau aplikasi Chrome di sini.

Advertisements

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

2 thoughts on “Instal MS Office 2010 di [K]Ubuntu dengan Wine”

  1. mantap, dulu saya masih nyari-nyari cara ini, dan selalu saja tidak bisa terinstal sempurna, terutama support tulisan arab. sekarang, setelah ada WPS Office (terlepas apapun lisensinya) saya hampir tidak menginstal MS. Office, kecuali untuk ngetes sampai dimana perkembangan wine.

    nice post

Share your idea here (markdown enabled)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s