MuseScore: Integrasi Keyboard MIDI Virtual

Saya mencoba instal MuseScore setelah mengunjungi laman Showroom aplikasi-aplikasi Qt yang belum lama dibuat: http://showroom.qt-project.org/musescore/ (mungkin pranala akan berubah beberapa waktu ke depan). Sebagaimana umumnya aplikasi Qt, MuseScore ini bisa running pada multi-platform, termasuk pula Ubuntu (atau Linux secara keseluruhan). Aplikasi ini adalah aplikasi pembuat partitur musik. Walaupun saya tidak paham soal musik, tapi melihat fitur-fitur yang ada di dalamnya, kelihatannya dia adalah aplikasi yang mumpuni untuk menggubah aransemen musik.

Tulisan ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan aplikasi opensource MuseScore. Saya tidak tahu cakupannya sampai seluas apa, atau kepada golongan mana. Tetapi saya yakin pasti ada yang membutuhkannya, mungkin suatu hari nanti.

Sebelumnya, dan dari dulu, saya ingin sekali mencoba sejenis aplikasi keyboard MIDI virtual di Ubuntu. Bukan untuk apa-apa sih, cuma iseng mungkin bisa buat sound effect game yang saya buat. Dan tanpa googling lama-lama, saya langsung menuju ke TKP: http://yanzicjustnubie.wordpress.com/2014/01/02/menggunakan-vmpk-dengan-fluidsynth-dan-merekamnya-dengan-audacity-ardour-ubuntu-linux/. Tulisan tersebut menjelaskan secara detail cara menyambungkan VMPK ke output ALSA sehingga bisa keluar bunyinya. Silakan baca dulu tulisan tersebut.

Jika sudah, sekarang saatnya menyambungkan MuseScore. Langkah menyambung-nyambungkan beberapa aplikasi ini menyenangkan, serasa menjadi ahli sound system. 😀 Yang memang sangat keren adalah aplikasi Patchage. Bayangkan saja saat membuat koneksi antar-aplikasi, seperti menyambungkan kabel antar-perangkat audio.

koneksi patchage untuk musescore
Koneksi patchage untuk Musescore

Setelah menyambungkan semuanya, sekarang saatnya sesuatu yang paling ‘tanoshii’. Pada Musescore, buat partitur baru, dan aktifkan Note input mode [N]. Setelah itu, apapun not yang kita tekan pada VMPK akan muncul di partitur Musescore. Lihat video ini:

Advertisements

Published by

Badwi

A Muslim, sober, a Javanese

One thought on “MuseScore: Integrasi Keyboard MIDI Virtual”

  1. Pingback: arijuniardi

Share your idea here (markdown enabled)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s