Judulnya aneh ya? Saya lupa padanan kata terbaru untuk “widget” selain acang.

Mawakit adalah acang untuk lingkungan desktop KDE yang berguna untuk menampilkan jadwal waktu shalat. Saya mencari-cari PPA-nya tetapi tidak menemukan, sepertinya saya harus bertindak nih 😀 . Sepertinya dulu pernah ada tutorial berbahasa Indonesia yang menerangkan cara kompilasi Mawakit, tetapi sudah tidak ada di Google.

Selain Mawakit, ada aplikasi lain yang juga berguna untuk mengingatkan jadwal shalat, namanya Minbar. Tapi karena Minbar berbasis GTK+, saya lebih memilih Mawakit. Bukannya saya tidak suka GTK+, tapi saya ingin agar aplikasi yang saya install punya integrasi dengan KDE, jadi saya lebih memilih Mawakit. Selain itu, Mawakit tidak perlu autostart, karena merupakan acang plasma yang mana akan dimuat seketika log masuk lingkungan KDE.

Kode Sumber Mawakit

Unduh kode sumber acang plasma Mawakit dari http://kde-apps.org/content/show.php/?content=128606 . Simpan di tempat yang diinginkan dan ekstrak.

ekstrak mawakit
Ekstrak Kode Sumber Mawakit

Setelah itu, buat satu folder untuk tempat mengompilasi, di sini saya namakan mawakit-build14. Buka folder itu, dan cukup dari Dolphin tekan F4 dan akan muncul konsol di bawah jendela. Dari situ kita akan mengeksekusi semuanya.

Proses Kompilasi Mawakit

Agar bisa melakukan kompilasi kode sumber, Kubuntu kita butuh paket-paket development. Install paket-paket berikut ini:

sudo apt-get install kdesdk libqwt5-qt4-dev kde-workspace-dev qt4-qmake cmake

Sebelumnya saya gagal beberapa kali karena paket yang kurang tersebut. Lalu saya googling dan menemukan laman ini: http://yuenhoe.com/blog/2011/07/dealing-with-cmakemodulesfindkde4internal-cmake-not-found/ Jumlah paket yang harus diunduh kurang lebih 100MB.

Setelah terinstall semua, jalankan perintah sesuai yang ada pada README. Untuk ini saya juga gagal pada awalnya, tetapi menemukan solusi pada http://kde.6490.n7.nabble.com/Re-compiling-okular-td1556288.html yang menjelaskan bahwa perintah harus ditambah dengan  -DQT_QMAKE_EXECUTABLE=/usr/bin/qmake-qt4 Jadi, perintah secara keseluruhan adalah:

cmake -DCMAKE_INSTALL_PREFIX=`kde4-config --prefix` -DQT_QMAKE_EXECUTABLE=/usr/bin/qmake-qt4 ../plasma-widget-mawakit-0.3.0/

Yang perlu disesuaikan adalah blok yang terakhir ../plasma-widget-mawakit-0.3.0/ yang artinya kode sumber berada pada hierarki di atas direktori tempat kita menjalankan perintah saat ini. (Perhatikan gambar di atas, folder plasma-widget-mawakit-0.3.0 berada pada kedudukan yang sejajar dengan mawakit-build14)

Jika berhasil, akan tampil seperti gambar berikut: (perhatikan output pada konsol)

eksekusi awal berhasil
Eksekusi awal berhasil

Kemudian, jalankan perintah:

make

Jika berhasil, akan tampak seperti:

perintah make berhasil
Kompilasi yang berhasil

Ada sejumlah kecil kesalahan yang muncul, walaupun nanti akan berhasil. Ini mungkin karena kode sumber yang tidak diperbarui, sedangkan versi Qt yang ada di Kubuntu Trusty ini lebih baru.

Langkah terakhir adalah menjalankan perintah

sudo make install

Jika berhasil akan tampak seperti:

instalasi mawakit berhasil
Proses Instalasi berlangsung lancar

Menambahkan Acang ke Taskbar

Setelah berhasil memasang plasma widget Mawakit tersebut, sekarang kita tinggal menambahkan widget itu. Pastikan widget tidak terkunci,

unlock widgets
Unlock Widgets

Setelah itu klik Panel Tool Box, dan pilih Add Widgets…

add widgets
Menambahkan Acang

Pada panel yang muncul, cari mawakit lalu cukup klik ganda sampai telihat centang, Maka Mawakit sudah ditambahkan ke panel kita.

cari mawakit
Cari Mawakit
tooltip mawakit
Mawakit yang sudah ditambahkan

Atur Mawakit sesuai dengan tempat tinggal kita. Klik kanan ikon mawakit dan pilih Settings…

Klik kanan ikon mawakit
Klik kanan ikon mawakit
Pengaturan mawakit
Pengaturan pilihan kota di Mawakit
Pengaturan mawakit
Pengaturan mawakit

Mawakit menyediakan suara adzan yang singkat, hanya “Hayya ‘alash-shala”. Kita bisa mengganti suara adzan itu jika ingin yang full.

Fitur lain Mawakit adalah jadwal shalat bulanan dan petunjuk Qiblat.

jadwal shalat sebulan
jadwal shalat sebulan
Qibla direction
Qibla direction

Sekian penjelasan singkat tentang mengompilasi acang plasma Mawakit ini. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Acang Plasma Mawakit (Plasma Widget Mawakit) di Kubuntu 14.04 Trusty Tahr

Share your idea here (markdown enabled)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.